Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PANGKALPINANG, KATEDRALPANGKALPINANG.COM – Menyambut tiga tahun Mgr Adrianus Sunarko OFM menerima SK (Surat Keputusan-red) dari Tahta Suci sebagai Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang meluncurkan website katedralpangkalpinang.com, Minggu (28/06/2020).

Berawal dari obrolan ringan Romo Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang, RD Laurentius Yustinianus Ta’Laleng dengan umat yang memiliki passion di dunia komunikasi pada pertengahan Mei 2020 tentang “mimpi” untuk membangun media daring berupa website dan channel youtube, beberapa umat yang akhirnya menjadi ‘tim kecil’ lahirnya web katedralpangkalpinang.com “menerjemahkan mimpi” sang parokus.

Sebelumnya, Romo Yustin sempat mengutarakan bahwa web dan youtube belum menjadi prioritas, sambil menekankan ke depan Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang perlu memiliki media komunikasi untuk menyebarkan berita dan kabar gembira bagi banyak orang. Secara terpisah, ‘tim kecil’ dalam diskusi terbatas mencapai satu kesepakatan bahwa “mimpi” perlu segera direalisasikan mengingat Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang adalah barometer bagi seluruh paroki di wilayah Keuskupan Pangkalpinang.
“Rasanya, memang sudah waktunya Paroki Katedral memiliki corong media tersebut,” ujar ‘tim kecil’ kepada Romo Paroki.

Senada dengan ‘tim kecil’, Romo Paroki sepakat untuk segera menentukan langkah konkret atas “mimpi” yang ada.
“Bagaimanapun kita perlu suatu media untuk menyampaikan segala sesuatu kepada umat maupun masyarakat luas, tentang apa yang mau kita sampaikan sebagai bagian dari pewartaan,” tandas Rm. Yustin.

Sempat ragu akan kesinambungan media ini, Rm Yustin menitipkan pesan supaya tim tidak hanya bersemangat di awal, tetapi konsisten dan komit.
“Kerja seperti ini menuntut komitmen dan kerelaan hati. Jangan cuma semangat di awal ya. Semoga website ini dikelola dengan baik dan berkelanjutan,” pesannya.

Di tengah keprihatinan pandemi Covid-19, perlahan tapi pasti ‘tim kecil’ bersama parokus merancang rubrik dan konten yang hendak dihadirkan pada web katedralpangkalpinang.com, hingga awal Juni pembuatan web mulai dieksekusi.
“Awal Juni kami mengeksekusi pembuatan web. Minggu kedua Juni web sudah jadi dan kami melakukan penyempurnaan di sana-sini. Minggu ketiga Juni kami mulai bermain di media sosial. Selama seminggu kami melakukan prakondisi melalui media sosial sebagai pintu masuk untuk memperkenalkan web. Hingga minggu keempat Juni hari ini, web kami luncurkan,” tandas perwakilan ‘tim kecil’, Willy Suluh.

Laksana pohon yang menghasilkan buah, media ini diharapkan terus tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik dengan merangkul orang muda sebagai garda terdepan. Di tangan orang muda perubahan bisa terjadi.

Menjadi Sarana Pewartaan
Terpisah, Uskup Keuskupan Pangkalpinang Mgr Adrianus Sunarko, OFM menyatakan dukungan atas hadirnya website katedralpangkalpinang.com.
“Saya sebagai Uskup Keuskupan Pangkalpinang mengucapkan proficiat kepada Paroki Katedral atas launching website paroki. Terimakasih kepada tim yang telah menyiapkannya. Semoga website ini dapat menjadi sarana yang baik untuk saling berkomunikasi antar umat paroki,” ujar Mgr. Adrianus.

Lebih lanjut Uskup juga berharap semoga website ini dapat menjadi sarana pewartaan kabar gembira yang kontekstual dan tidak ketinggalan zaman.
‘Semoga dalam website ini kita akan menemukan banyak cerita/ kisah yang positif, yang membangun communio. Dengan demikian kita dapat turut memberi sumbangan bagi masyarakat untuk melawan arus penyebaran hoax dan ujaran kebencian. Saya mendorong semua umat untuk berpartisipasi aktif memberi kontribusi, mengirimkan berita untuk website paroki ini. Laetentur insulae multae. Tuhan memberkati,” tandas Mgr Adrianus Sunarko OFM..

Hari ini, berbarengan dengan genap tiga tahun Mgr. Adrianus menerima SK dari Tahta Suci sebagai Uskup Keuskupan Pangkalpinang, web katedralpangkalpinang.com benar-benar menjadi kenyataan. Media ini hadir untuk menyampaikan informasi terkini tentang apa yang terjadi di lingkungan Paroki Katedral St Yosef Pangkalpinang khususnya, dan Keuskupan Pangkalpinang serta gereja Katolik pada umumnya. Semoga menjadi saluran berkat bagi banyak orang. (katedralpkp)

Penulis : caroline_fy
Editor : caroline_fy


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •