Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

(Khususnya tentang Persiapan dan Pendampingan bagi Calon Katekumen, Calon Baptis atau Katekumen yang akan dibaptis tahun depan (2021) dan Penerimaan ke dalam Gereja Katolik – Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang)

Umat Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang yang saya kasihi, dan secara khusus kepada semua Anggota DPP, Tim PIPA Paroki, Koordinator Wilayah, Ketua-ketua KBG, Para Fasilitator, yang saya hormati.

Pertama-tama bahwa apa yang saya sampaikan di sini sudah saya sampaikan melalui surat No:125/PPSY/VII/2020, 18 Juli 2020. Kedua, saya ingin menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan Pelaksanan Program Kerja Paroki, tahun 2020 yang telah kita susun dan rancang bersama pada akhir tahun 2019 yang lalu dan secara khusus untuk persiapan Baptisan Remaja/Dewasa dan Penerimaan ke dalam Gereja Katolik sebagai berikut:

  1. Agar kita memperhatikan bersama seruan dan ajakan Bapak Uskup melalui Surat Gembala Uskup Keuskupan Pangkalpinang di Tengah Pandemi Covid-19 yang dikeluarkan tgl 15 Juli 2020. Di mana berdasarkan pertimbangan dan pembicaraan dengan tim PIPA Keuskupan, maka Bapak Uskup memutuskan, bahwa semua program dan rencana kerja tahun 2020 yang belum terlaksana dijadikan program dan rencana kerja tahun 2021. Untuk enam bulan kedepan [Juli – Desember 2020 kita akan menjadikan keluarga-keluarga sebagai pusat perhatian bersama [lokus pastoral], karena dalam situasi khusus di mana protokol kesehatan wajib kita ikuti, kita melihat bahwa yang masih bisa bertemu secara rutin adalah keluarga-keluarga, tegas Bapak Uskup. Sehingga dengan itu, Bapak Uskup mengajak kita semua untuk berupaya memberdayakan keluarga – keluarga dengan tujuan : semakin berpusat pada Kristus, meningkatkan mutu komunio [persekutuan dalam keluarga masing-masing dan juga dalam relasi dengan keluarga – keluarga [tetangga] terdekat. Serta melaksanakan misi mewartakan dan mewujudkan Kerajaan Allah melalui aksi nyata, misalnya dengan saling peduli dan saling membantu satu sama lain, baik kepada sesama keluarga seiman maupun kepada yang berkeyakinan dan beragama lain yang ada di sekitar kita. Untuk itu semua kita diharapkan tetap aktif dan giat penuh suka cita.
  1. Merebaknya Pandemi Covid-19 telah membawa berbagai pengaruh terhadap semua aspek kehidupan kita, salah satunya adalah rencana-rencana Program Kerja Pastoral 2020 yang telah kita rancang dan tetapkan pada akhir tahun lalu, untuk dilaksanakan pada tahun ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Banyak kegiatan yang tidak bisa kita laksanakan bersama baik itu di tingkat KBG-KBG, Wilayah-Wilayah maupun secara bersama di tingkat Paroki. Bahkan beberapa kegiatan yang seharusnya sudah kita laksanakan pada bulan-bulan awal tahun ini,ada yang ditunda pelaksanaannya seperti Penerimaan Sakramen Baptis (yang seharusnya diterimakan pada malam Paskah dan Minggu Paskah tahun ini), Komuni Pertama (Pada Hari Raya Tubuh dan Darah Yesus Kristus), dan Sakramen Krisma. Semua akhirnya ditunda.
  2. Untuk Pembaptisan dan Peneguhan Perkawinan bagi para calon baptis akan dilaksanakan di akhir bulan Juli ini. Jadwal Latihan Persiapan dan Pembaptisan sudah dikirim ke Ketua-ketua KBG, harap diperhatikan.
  3. Bebebapa hal berkaitan dengan Persiapan dan Pendampingan bagi Calon Katekumen, Calon Baptis atau Katekumen yang akan dibaptis tahun depan (2021) dan Penerimaan ke dalam Gereja Katolik.

A. BAPTIS DEWASA: Kelompok remaja (usia 9 s.d. 13 tahun), kelompok dewasa usia 13 tahun ke atas.

B. Persiapan penerimaan sakramen baptis dewasa dan calon yang akan diterima ke dalam Gereja Katolik berlangsung selama 12 bulan (untuk standar normalnya), dengan melalui 4 masa dan 3 tahap:

  • Masa I : masa prakatekumenat = masa bagi para calon katekumen atau simpatisan (selama 2 bulan) untuk mengenal cara hidup orang Katolik. Masa ini diakhiri dengan Upacara Tahap I: Pelantikan Menjadi Katekumen atau Calon yang Akan Diterima ke dalam Gereja Katolik.
  • Masa II : masa katekumen atau masa persiapan menjadi calon baptis atau masa persiapan bagi calon yang akan diterima ke dalam Gereja Katolik (selama 8 bulan). Masa ini diakhiri dengan Upacara Tahap II: Pengukuhan bagi Katekumen Terpilih Menjadi Calon Baptis dan Calon yang Akan Diterima ke dalam Gereja Katolik.
  • Masa III: masa persiapan akhir bagi calon baptisdan calon diterima ke dalam Gereja Katolik (katekumen yang terpilih) (selama 2 bulan). Masa ini diakhiri dengan Upacara Tahap III: Penerimaan Sakramen Baptis
  • Masa IV: masa mistagogi (masa pendalaman dan pendampingan lanjutan) bagi baptisan baru untuk hidup sebagai warga Gereja yang penuh. Untuktahun 2021 akan berlangsung selama kurang lebih 50 hari. Masa ini biasanya diakhiri dengan penerimaan sakramen krisma.C. Jadwal Tahapan Persiapan Penerimaan Sakramen Baptis (Masa Katekumenat Baptis Dewasa) dan Calon yang Akan Diterima ke dalam Gereja Katolik di Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang (tahun 2020 – 2021 atau dalam masa adaptasi kebiasaan baru). Dengan mempertimbangkan situasi masa Pandemi Covid-19 saat ini, maka diputuskan dan ditetapkan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Tempat pelaksanaan pendampingan dan katekese/pengajaran iman dilaksanakan di Komunitas Basis Gerejawi (KBG) atau wilayah masing-masing bersama dengan Tim Pengajar yang sudah dibentuk.
  2. Waktu persiapan untuk penerimaan Sakramen Pembaptisan (Masa Katekumenat Dewasa) dan penerimaan ke dalam Gereja Katolik untuk tahun ini (baptis pada Paskah 2021) akan dimulai secara serentak mulai tanggal 1 Agustus 2020. Maka semua persyaratan administrasi bagi para calon katekumen dan calon yang akan diterima ke dalam Gereja Katolik harus sudah dikumpulkan di sekretariat paroki sebelum tanggal 1 Agustus (persyaratan, lihat ketetapan huruf di bawah).
  3. Pada Minggu, 02 Agustus 2020, Pkl. 10.00 WIB, akan diadakan PENERIMAAN CALON KATEKUMEN secara resmi dalam Gereja oleh pastor paroki dan sekaligus pembukaan Tahun Ajaran Baru bagi para calon ketekumen untuk memulai tahapan masa katekumenat mereka.

Dengan demikian, waktu persiapan (masa katekumenat) baptisan dewasa akan lebih pendek dari tahun-tahun sebelumnya (kurang lebih 8 bulan masa katekumenat).

  1. Upacara tahap I : yaitu penerimaan dan pelantikan menjadi katekumen, akan diadakan pada HARI MINGGU, 20 SEPTEMBER 2020, dalam Perayaan Ekaristi di Gereja.
  2. Upacara tahap II : yaitu pengukuhan katekumen menjadi calon baptis, dan calon yang akan diterima ke dalam Gereja Katolik akan diadakan pada, Minggu tgl 02 Maret 2021 (minggu I Prapaskah). Dengan maksud agar para calon baptis terpilih dan mereka yang akan diterima dalam Gereja Katolik memasuki retret agung bersama seluruh umat selama masa pra-paskah dan mempersiapkan diri secara lebih khusus untuk dibaptis pada Paskah.
  1. Upacara TAHAP III : yaitu pembaptisan (atau penerimaan sakramen inisiasi) akan dilaksanakan pada Malam Paskah atau pada Hari Minggu Paskah atau pada hari Minggu selama Masa Paskah 2021.

 

D. PERSYARATAN BAPTISAN DEWASA : kelompok dewasa > 13 TAHUN & KELOMPOK REMAJA USIA 9 – 13 TAHUN

  1. Mengisi dan mengembalikan Formulir Registrasi ke Sekretariat, diisi lengkap dengan Nama Baptis pilihan dan ditandatangani oleh Ketua KBG sesuai dengan domisili, serta sudah dilengkapi dengan berkas-berkas sebagai berikut:
  • Fotocopy Akte Lahir dan KTP calon katekumen (jika sudah berusia >= 17 tahun).
  • Fotocopy Akte Nikah baik akte nikah secara agama/kepercayaan maupun catatan sipil (bagi calon katekumen yang pernah/ telah menikah) atau surat keterangan sudah menikah dari RT setempat dan dua saksi (bagi calon katekumen yang pernah/ telah menikah tetapi tidak mempunyai akte nikah). Paroki juga telah menyiapkan formulir untuk surat keterangan nikah tersebut. Bagi yang membutuhkan silakan diambil di sekretariat Paroki.
  • Fotocopy Surat Baptis dari Gereja asal (bagi calon yang akan diterima ke dalam Gereja Katolik). Jika tidak bisa melampirkan surat baptis tersebut maka akan dikategorikan sebagai katekumen biasa.
  • Fotocopy Surat Baptis dari Wali Baptis yang dipilih (diupayakan Wali Baptis yang sudah berkeluarga & sudah menerima Sakramen Krisma minimum 5 tahun lalu).
  • Surat Pengantar dari Pastor Paroki bagi yang berdomisili di luar Paroki Katedral Yosef Pangkalpinang
  1. Diharapkan semua formulir registrasi diserahkan kembali ke Sekretariat Paroki, paling lambat hariSabtu, 01 Agustus 2020 pada jam kerja.
  • Akhirnya, marilah kita percayakan semua perjalanan bersama kita di pertengahan Tahun 2020 ini, bersama St. Perawan Maria, Bunda kita dan St. Yosef Pelindung Paroki kita, yang selalu memandang kita dengan mata kasih dan ketulusan hati. Kita percaya bahwa Bunda Maria akan selalu pertama menunjukan kepada kita jalan kepada Yesus Putera-Nya dan ia akan selalu melindungi kita dengan mantel keibuannya agar kita mampu memberi kesaksian tentang kasih Yesus Puteranya dan St, Yosef juga akan selalu mendamping kita di perjalanan kasih ini dengan ketulusan hati kebapaan sehingga bersama-sama kita tetap terarah dan mengikuti Yesus, wajah belas kasih Allah yang cemerlang. Mari berjalan bersama-sama di perjalanan kasih ini, dalam membangun Komunio yang murah hati dan belas kasih (di dalam Keluarga, KBG, Wilayah dan Paroki serta Keuskupan kita tercinta ini). Salam Komunio.

 

Pangkalpinang, 18 Juli 2020
Rm. L. Yustinianus Ta’Laleng, Pr.
Pastor Paroki Katedral St. Yosef


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •