Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PANGKALPINANG, KATEDRALPANGKALPINANG.COM – Sebanyak 39 umat Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang rencananya akan menerima Sakramen Ekaristi perdana di Gereja Katedral St. Yosef, Pangkalpinang, Minggu (22 November 2020) Pk. 10.00 WIB. Ekaristi adalah Yesus Kristus sendiri. ‘Jantung’ dari iman Katolik. Katekismus Gereja Katolik mengajarkan bahwa Ekaristi adalah “sumber dan puncak seluruh kehidupan Kristiani” (KGK 1324) serta “hakikat dan rangkuman iman” (KGK 1327). Ekaristi merupakan Perjamuan Tuhan, kenangan akan kesengsaraan dan kebangkitan Tuhan, kurban Kudus, atau Komuni Kudus.

Parokus Katedral St. Yosef, Pangkalpinang, RD Laurensius Yustinianus Ta’Laleng mengatakan, menyadari hakikat dari Ekaristi tersebut, Komuni Pertama sungguh-sungguh menjadi moment istimewa bagi seorang anak untuk pertama kali mengadakan kontak pribadi dengan Yesus dan menjalin hubungan yang intim dengan-Nya, sehingga membutuhkan persiapan yang baik.
“Oleh karena itu, Paroki Katedral Pangkalpinang, di samping mempersiapkan anak-anak calon penerima Komuni Pertama dengan pengajaran iman/katekese, juga mengadakan Rekoleksi dan Penerimaan Sakramen Tobat. Untuk rekoleksi, beberapa wilayah mengadakannya di wilayah masing-masing. Mesulaut menggelar rekoleksi di Gereja Hati Kudus Yesus Mesulaut dan ada yang di Biara Suster KKS,” tutur Romo Yustin.

Terpisah, Gregorius Heri Eko Prasojo salah seorang pendamping calon penerima Komuni pertama menuturkan ada dua persiapan.
“Persiapan batin dengan pengakuan dosa, dan persiapan tata cara penerimaan, sehingga para calon penerima Komuni pertama bisa menyambut dengan sikap hormat karena yang disambut adalah Tubuh Kristus. Hari Selasa, 17 November, selama dua jam kami melakukan persiapan terakhir,” ujar Heri.

Ia melanjutkan, untuk anak calon penerima Komuni pertama, ini adalah untuk pertama kalinya ia menerima Sakramen Pengampunan Dosa. Dengan itu, diharapkan anak memiliki kesadaran akan benar – salah, baik – buruk.
“Kesadaran ini akan membawa dia kepada rasa bersalah dan berdosa kalau perilakunya sudah menyimpang dari kehendak Tuhan dan meminta pengampunan dari Tuhan,” harapnya.

Pembimas Katolik Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini berharap para penerima Sakramen Ekaristi mencintai dan memiliki kerinduan untuk menyambut Tubuh Kristus, sehingga paling tidak seminggu sekali dan juga setiap hari raya ke Gereja untuk mengikuti Ekaristi dan menyambut Tuhan.

Mengikuti Rekoleksi
Sebelumnya, hari Minggu (15 November 2020) berlangsung rekoleksi di dua tempat. Sebanyak enam anak mengikuti rekoleksi di Biara Suster KKS dalam bimbingan Suster Gemma KKS, sementara di Gereja Hati Kudus Yesus Mesulaut, rekoleksi berlangsung di bawah bimbingan RD Yopi Sogen.
“Yang ikut rekoleksi adalah calon penerima komuni beserta orang tua mereka. Pada kesempatan itu anak-anak diminta menulis pada secarik kertas tentang harapan mereka terhadap orang tua dan sebaliknya. Malam setelah rekoleksi mereka saling bertukar kertas harapan tersebut. Setelah rekoleksi dilanjutkan dengan pengakuan dosa,” ujar Theresia Herlina, umat wilayah Mesulaut yang ikut mempersiapkan rekoleksi tersebut.

Calon penerima Komuni pertama didampingi orang tuanya mengikuti rekoleksi di Gereja Hati Kudus Yesus Mesulaut, Minggu (15 Nov. 2020). (SUMBER FOTO : GEREJA MESULAUT/THERESIA HERLINA).

Sementara itu, Bertha Jun Fie, orang tua dari calon penerima Komuni pertama Stefanie Calista Bernike (10 tahun) mengaku rekoleksi tersebut membuat dirinya merasa mengulang kembali pelajaran yang pernah diterima waktu masih kecil.
“Mendapat banyak masukan untuk membimbing anak kami di kemudian hari,” tutur istri politikus Bangka Tengah asal partai Golkar, Batianus ini.

Suster Gemma KKS memberi rekoleksi bagi para calon penerima Komuni pertama di Biara KKS, Minggu (15 Nov. 2020). (SUMBER FOTO : DOK. PRIBADI SUSTER GEMMA).

Jun Fie mengimbuhkan, anaknya yang dibaptis umur dua tahun ini sudah sangat merindukan penerimaan Komuni.
“Mestinya bulan Juni kemarin, tapi karena pandemi jadi tertunda. Dia sangat senang karena akan segera menyambut Komuni,” ungkapnya. (katedralpgk)

Penulis : Margaretha Tri
Editor : caroline_fy

 

 

 


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •