Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KATEDRALPANGKALPINANG.COM — Suasana Natal 2020 di Katedral St. Yosef Pangkalpinang, Kamis (24/12/2020) Pk 21.00 WB berlangsung hikmat dengan menjalankan protokol kesehatan ketat. Pada Ekaristi malam Natal yang kedua ini, Gereja Katedral Santo Yosef Pangkalpinang mendapat kunjungan dari rombongan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Kapolda Bangka Belitung Anang Syarif Hidayat dan Danrem 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI Czi Mateus “Jangkung” Widyanto.

Parokus RD Yustin didampingi Ketua Panitia Natal 2020 Frans Djanurombang berbincang dengan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di halaman Gereja Katedral. (KATEDRALPGK/SEPTIANTO)

Kedatangan rombongan disambut Parokus Gereja Katedral Pangkalpinang, RD Laurensius Yustinianus Ta’Laleng dan humas panitia Natal 2020 Andi Kris serta ketua panitia Frans Djanurombang. Di halaman gereja, Gubernur Erzaldi bertanya seputar persiapan Natal 2020. Bukan hanya Gereja Katedral Pangkalpinang saja yang memberlakukan registrasi untuk mengikuti perayaan Natal. Gereja lain juga menerapkan aturan serupa untuk mencegah penularan Covid-19.
“Saya sangat mengapresiasi semua Gereja mematuhi protokol kesehatan. Jumlah Ekaristi ditambah, puncak Ekaristi dilakukan oleh Uskup dan secara streaming,” ujar Gubernur Erzaldi Rosman.

Gubernur Erzaldi menunjukkan lonceng Gereja kepada Kapolda, kenangan yang menghiasi masa kecilnya saat bersekolah di SD Budi Mulia. (KATEDRALPGK/DHINA)

Sesaat sebelum Ekaristi Natal 2020 dimulai, Gubernur Erzaldi menyempatkan waktu menyapa umat Katedral Pangkalpinang di dalam gereja. Rombongan masuk ke dalam gereja lewat pintu utama dan sempat melihat-lihat ornamen Natal yang didesain khusus oleh Panitia Natal 2020. Gubernur Erzaldi bersama Kapolda dan rombongan berjalan menuju Altar Gereja Katedral dan berdiri menghadap 264 umat yang bersiap mengikuti Ekaristi.
“Selamat Natal, semoga damai Natal memberkati kita semua. Cinta dan kasih Tuhan songsong masa depan agar kita selalu dibimbing untuk selamat, sehat dan menang melawan pandemi Covid-19. Semoga Damai Natal memberkati kita selalu,” ujar Gubernur Erzaldi Rosman disambut tepuk tangan umat.

Gubernur didampingi Parokus menyapa umat yang hendak mengikuti Ekaristi malam Natal di Katedral St. Yosef, Pangkalpinang. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Menanggapi kehadiran Gubernur Erzaldi, Parokus Gereja Katedral Santo Yosef Pangkalpinang, RD Laurensius Yustinianus Ta’Laleng mengucap terimakasih.
“Pandemi ini membuat was-was, takut dengan segala situasi yang terjadi. Ini sebuah kekuatan dan perhatian bagi kami, terimakasih atas kunjungannya. Bapak Gubernur, Kapolda semoga senantiasa diliputi sukacita damai saat tugas di mana pun dan diberi keselamatan,” harap Parokus.

RD Yustin mendupai kanak-kanak Yesus yang terbaring di palungan. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Sesaat kemudian, Ekaristi malam Natal 2020 yang kedua langsung dimulai.  Dalam homili Romo Yustin berjudul “Kasih Karunia Allah Telah Nyata”, ada lima poin yang disampaikan Parokus memaknai Natal 2020 mengenai bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar.

RD Yustin memimpin perjamuan Kudus. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Dalam sejarah pribadi manusia, ada dua hal yakni terang dan gelap, rahmat dan dosa yang mengerikan, bercahaya dan gelap gulita, kehancuran dan pemulihan, kesetiaan dan ingkar janji.
“Jika kita mengasihi Allah dan saudara-saudari kita, kita berjalan dalam terang. Tetapi jika hati kita tertutup, jika kita didominasi oleh kesombongan, kebohongan, keegoisan, maka kegelapan jatuh di dalam diri kita dan di hidup sekitar kita,” ungkap Romo Yustin dalam khotbahnya.

Parokus menyampaikan homili. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Romo Yustin melanjutkan, barangsiapa yang membenci saudaranya -tulis Rasul Yohanes- ia berada di dalam kegelapan, ia berjalan dalam kegelapan dan tidak tahu jalan ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.
“Malam ini ‘terang yang besar’ bersinar, terang kelahiran Yesus bersinar menghalau kegelapan hidup kita. Maka alangkah benarnya dan tepat waktu kata-kata Nabi Yesaya yang baru saja kita dengar: ‘Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorai, dan sukacita yang besar’,” imbuh Romo Yustin.

Parokus juga berpesan, “Pada malam ini mari kita berbagi sukacita Injil: Allah mengasihi kita, Dia begitu mengasihi kita sehingga Dia mengaruniakan putera-Nya untuk menjadi saudara kita, untuk menjadi terang dalam kegelapan kita. Kepada kita Tuhan berulang kata: ‘Jangan Takut’! Malam ini kepada kita Tuhan berkata Jangan Takut, AKU Tuhan selalu berjalan bersamamu, untuk membimbing kita di jalan yang mengarah ke tanah terjanji. Yesus adalah terang yang mencerahkan kegelapan.”

Romo Yustin pun menandaskan tentang Dia yang berbelas kasihan.
“Bapa selalu mengampuni kita. Dialah damai sejahtera kita. Dia Imanuel yang lahir menjadi saudara bagi kita semua, dan mengajak kita untuk menjadi saudara-saudari, sahabat, rekan seperjalanan dalam hidup ini. ‘Ya Jangan Takut’, untuk menjadi saudara-saudari bagi yang lain, saling melindungi, merawat dan menghidupkan melalui perhatian, kasih di tengah situasi pandemi ini. Selamat Natal,” ujar Romo Yustin mengakhiri homilinya.

Berikut Sisi Lain Perayaan Natal di Katedral St. Yosef Pangkalpinang:

Suasana Ekaristi Natal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM memberikan berkat penutup saat perayaan Natal pagi di Katedral St. Yosef Pangkalpinang. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Usai Ekaristi sebagian umat menyempatkan diri berfoto di pintu utama Gereja Katedral yang bernuansa Natal. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Selamat Natal untuk semua. (KATEDRALPGK/FENNIE)

(katedralpgk)

Penulis : Ardhina Trisila Sakti
Editor : caroline_fy


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •