Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PANGKALPINANG, KATEDRALPANGKALPINANG.COM – Perayaan Ekaristi hari ini Minggu (27/12/2020) memperingati Tahun Santo Yosef, diisi perarakan patung Keluarga Kudus (Yosef, Maria dan Yesus) memasuki Gereja serta pemberkatan stiker Tiga Raja. Paus Fransiskus mengeluarkan Surat Apostolik Patris Corde (Dengan Hati Seorang Bapa) dan menetapkan Tahun Santo Yosef mulai Desember 2020 hingga Desember 2021. Sesuai dengan tujuan Paus Fransiskus mengeluarkan Surat Apostolik Patris Corde, diharapkan umat dapat meningkatkan cinta kepada santo agung ini dan semakin terdorong untuk mencoba kepengantaraannya serta meneladan keutamaan dan semangatnya. Dengan ditetapkannya Tahun Santo Yosef, Paroki Katedral Santo Yosef Pangkalpinang yang memiliki pelindung Santo Yosef, maka kegiatan-kegiatan di keluarga, KBG dan paroki untuk semua kategori, sepanjang tahun ini akan difokuskan pada keutamaan dan keteladanan Santo Yosef.

Romo Nugroho mendupai patung Keluarga Kudus mengawali Perayaan Ekaristi memperingati Tahun Santo Yosef.(KATEDRALPGK/FENNIE)

Berdasarkan Surat Pastoral Pastor Paroki Katedral Santo Yosef Pangkalpinang No : 139/P-PSY/XII/2020 pada poin dua Parokus mengungkapkan, “Kita semua, sebagai satu umat Allah di Paroki St. Yosef Katedral menyambut perayaan ini dengan penuh syukur, teristimewa, karena sosok Bapa Yosef melekat erat dengan komunitas Paroki kita tercinta ini. Bapa Yosef dipilih menjadi Pelindung Komunitas Paroki kita. Setiap tahun kita memang selalu merayakan Ulang Tahun Paroki dengan pelbagai kegiatan, namun pada tahun ini dalam kesatuan dengan Gereja Universal, kita ingin merayakan tahun ini secara istimewa.”

Mengutip apa yang diharapkan oleh Sri Paus dengan Perayaan Tahun St. Yosef ini, Romo Yustin berujar Sri Paus mengajak kita menemukan dalam diri Santo Yosef, Bapa Yesus yang selalu hadir setiap hari secara tersembunyi, seorang pendoa, pendukung dan penuntun di saat-saat sulit pengalaman hidup Keluarga Kudus di Nasaret.
St Joseph mengingatkan kita bahwa semua orang yang tampaknya tersembunyi atau yang tidak kelihatan memiliki peran dan andil yang tak tertandingi dalam sejarah keselamatan. Di dalam diri Bapa Yosef, kita dapat melihat bagaimana kita bisa mencintai Yesus Dengan Hati Seorang Bapa (Patris Corde),” demikian poin ketiga Surat Pastoral Parokus tertulis.

Selain itu, ajakan itu menjadi relevan bagi Keuskupan Pangkalpinang karena Mgr. Adrianus Sunarko OFM menetapkan tahun 2021 sebagai Tahun Keluarga.
“Lewat penetapan tahun keluarga itu, kita ingin mengokohkan identitas keuskupan kita sebagai ‘Gereja Partisipatif sebagai Gereja Komunio, Gereja Persekutuan’. Kita mau merawat, memperkuat hidup komunio kita khususnya di dalam Keluarga. Kita tahu bahwa pada hari perkawinan, pria dan wanita mengucapkan janji perkawinan. Mereka berjanji untuk membangun persekutuan (consortium, komunio) seluruh hidup, dengan tujuan:  suami-istri saling membahagiakan dan ikut mencipta lewat kelahiran dan pendidikan anak. Demi terciptanya persekutuan yang berlangsung sepanjang hidup itu, ikatan persatuan suami-isteri ini bersifat satu dan tak terceraikan. Dengan Hati Kebapaannya, St Yosef berhasil mencintai Yesus dan Bunda Maria hingga akhir hidup mereka,” lanjutnya.

Romo Nugroho didampingi Romo Yustin memimpin Perjamuan Ekaristi memperingati Tahun Santo Yosef.(KATEDRALPGK/FENNIE)

Ekaristi Pencanangan Tahun Santo Yosef dipimpin oleh RP Nugroho Krisusanto SSCC didampingi Parokus Gereja Katedral Santo Yosef RD Laurensius Yustinianus Ta’laleng. Dalam homilinya, RP Nugroho menyampaikan tujuh poin mengenai sosok Santo Yosef, berikut poin-poin tersebut:
1. A Beloved Father (Ayah yang dicintai)
2. A Tender and Loving Father (Ayah yang lembut dan penuh kasih)
3. An Obedient Father (Ayah yang taat)
4. An Aceepting Father (ayah yang siap menerima)
5. A Creatinely Courageous Father (ayah yaang kreatif dan bersemangat)
6. A Working Father (bekerja keras)
7. A Father in the Shadows (Bayangan Yesus)

Romo Nugroho berharap, tahun ini paling tidak umat dapat meneladani dua dari tujuh karakter Santo Yosef tersebut. (katedralpgk)

Penulis : Ardhina Trisila Sakti
Editor : caroline_fy

 

 


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •