Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PANGKALPINANG, KATEDRALPANGKALPINANG.COM –– Ekaristi Rabu Abu, 17 Februari 2021 pukul 06.00 WIB di Gereja Katedral Santo Yosef, Pangkalpinang, pagi itu dipimpin Romo Yosef Setiawan. Dalam homilinya ia mengingatkan agar umat rendah hati dan tidak memamerkan ibadahnya, namun menyikapi berpuasa tak ada salahnya jika umat berterus terang jika dibutuhkan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga diri dari niat berpuasa.
“Terkadang diam itu bukan emas, kita tidak dalam konteks yang tepat,” ujar Romo Yosef.

Abu siap diberkati di Gereja Katedral St. Yosef Pangkalpinang, Rabu (17 Feb. 2021). (KATEDRALPGK/FENNIE)

Seperti halnya berpuasa, menyikapi pandemi Covid-19 umat juga diminta jujur apabila terinfeksi. Cara ini dilakukan sebagai bentuk kerendahan hati dan penting untuk menjaga kesehatan sesama.

Berbeda dari Biasanya
Penerimaan abu di tengah pandemi Covid-19 tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya abu dioleskan di kening, kali ini Pastor maupun Pelayan Komuni Tidak Lazim (PKTL) menaburkan abu di kepala umat.

RP Nugroho Krisusanto SSCC menabur abu di kepala umat saat perayaan Ekaristi Rabu Abu di Katedral Pangkalpinang, Rabu (17/02/2021) pukul 10 WIB. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Mulai perayaan Ekaristi Rabu Abu hingga perayaan tri hari suci nanti, umat yang hendak mengikuti Rabu Abu di Gereja Katedral Santo Yosef Pangkalpinang wajib membawa kartu yang telah dibagi oleh Ketua KBG.

Petugas yang terdiri dari OMK Katedral St. Yosef Pangkalpinang melakukan scan QR Code sebelum umat memasuki kawasan gereja. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Usai scan QR Code umat mengambil nomor kursi untuk tempat duduk di dalam gereja. (KATEDRALPGK/FENNIE)

Sesampainya di gerbang gereja, umat harus mengecek suhu tubuh dibantu petugas. Kemudian beranjak menunjukkan kartu yang memiliki QR Code. Panitia akan men-scan kartu tersebut agar umat mendapatkan nomor tempat duduk. Setelah mendapat nomor kartu tempat duduk, umat wajib cuci tangan di tempat yang telah disediakan. Umat akan diarahkan oleh petugas tata laksana menuju tempat duduk sesuai nomor.

Gereja Wilayah Gelar Ekaristi Sore Hari
Sementara itu, lima gereja wilayah di lingkungan Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang turut menggelar perayaan Ekaristi Rabu Abu pada sore hari. Perayaan Rabu Abu di Kapela St. Mikhael, Baciang dipimpin mantan Pastor Rekan Paroki Katedral yang kini Ekonom Seminari Mario John Boen, RD Berto Ngita, Gereja St. Petrus Kampung Jeruk dipimpin RD Andre Lemoro, Gereja St. Yoakim Pangkul dipimpin RD Untung Sinaga, Gereja St. Yohanes Pembaptis Baturusa dipimpin Parokus Katedral RD Yustin, sementara Uskup Keuskupan Pangkalpinang Mgr Adrianus Sunarko OFM didampingi RD Yopi Sogen memimpin perayaan Ekaristi Rabu Abu di Gereja Hati Kudus Yesus Mesulaut.

RD Yopi Sogen menabur abu di kepala umat Gereja HKY Mesulaut. (KATEDRALPGK/THERESIA HERLINA)

RD Andre Lemoro dalam sambutan pembuka menyatakan, “Kita merayakan Prapaskah dengan menaburkan abu, mengingatkan akan keprihatinan kita untuk menyongsong kebahagiaan bersama Kristus dalam kebangkitan-Nya.”

RD Andre Lemoro menabur abu di kepala umat Gereja St. Petrus, Kampungjeruk. (KATEDRALPGK/ LUKAS SIN LIE)

Adapun Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko OFM  dalam surat gembala Prapaskah-nya menegaskan bahwa masa Prapaskah adalah masa penuh rahmat, masa dan kesempatan bagi manusia untuk lebih membuka hati kepada Tuhan.
“Kita diajak untuk melakukan pertobatan, mengubah arah hidup kita agar makin terarah bukan pada diri sendiri melainkan kepada Allah dan sesama, khususnya mereka yang sakit dan menderita,” tandas uskup.

Mgr Adrianus Sunarko OFM didampingi RD Yopi Sogen memimpin Ekaristi Kudus di Gereja HKY Mesulaut, Rabu (17 Feb. 2021). (KATEDRALPGK/THERESIA HERLINA)

Pada bagian akhir surat gembala, uskup mengutip peneguhan Rasul Agung Paulus kepada jemaat di Korintus. “Saudara-saudaraku yang kekasih, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan, jerih payahmu tidak sia-sia.” (l Kor 15:58). Selamat memasuki masa prapaskah. Selamat menjalankan pertobatan. (katedralpgk)

Penulis: Dhina/Emilia Lie Mie Moij
Editor : caroline_fy


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •