Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Inspirasi Minggu Paskah II/Minggu Kerahiman Ilahi

Bac. Kis.4:32-35; 1Yoh.5:1-6; Yoh.20:19-31

SURAT GEMBALA PASKAH 2021

USKUP KEUSKUPAN PANGKALPINANG

Umat Keuskupan Pangkalpinang yang terkasih,

Semoga Tuhan memberimu damai. Semoga pulau-pulau bersukacita.

Seperti pada tahun 2020 yang lalu, tahun ini kita merayakan paskah masih dalam situasi pandemi. Pandemi karena virus corona covid-19 yang sudah mendera kita selama satu tahun belum reda. Di banyak tempat, jumlah mereka yang terpapar virus corona masih bertambah. Banyak di antara kita mengalami rasa sedih dan prihatin karena kenalan, anggota keluarga yang sakit, bahkan kemudian meninggal karena virus ini. Dampak sosial-ekonomis dari pandemi ini juga amat terasa. Banyak yang kehilangan pekerjaan, mengalami kesulitan ekonomis dan lain-lain. Marilah kita tidak lupa mengenangkan mereka dalam doa-doa kita serta menunjukkan solidaritas yang nyata dengan memberikan bantuan bagi mereka yang sakit dan menderita.

Di lain pihak: Kita bersyukur, bahwa di masa yang sulit ini kita memperoleh banyak berita tentang orang-orang yang saling bergotong royong, memberikan bantuan-bantuan bagi saudara-saudari yang membutuhkan. Mereka ini sering disebut dengan istilah relawan. Dalam beberapa kali kesempatan, Paus Fransiskus menyampaikan pujian bagi para relawan ini. Dalam ensiklik Fratelli Tutti misalnya, beliau berkata demikian: “Di tengah pandemi ini banyak orang yang rela menolong sesama meski hidupnya sendiri terancam (para dokter, perawat, pekerja di supermarket, petugas kebersihan, pekerja di bidang transportasi, para relawan, imam, religius dll)” (FT 54).

Dari berbagai media kita juga memperoleh banyak informasi tentang kisah-kisah menarik dari para relawan ini. Misalnya: Ada seorang relawan perempuan bernama Nufadillah. Dia berkata: “Saya ini seorang relawan pendamping dapur nasi murah di kota Makassar.

Tugas saya adalah membentuk kelompok warga berjumlah empat orang yang terkena dampak Covid dengan membuka wirausaha berjualan nasi murah untuk masyarakat sekitar”. Bersama dua anggota tim relawan, Nufadillah mencari warga yang terkena dampak Covid-19 untuk membuka usaha jualan makanan. Selain itu, ia membentuk empat anggota masyarakat, terutama tetangga yang tak bekerja. “Mereka saling membantu membuka warung di pinggir jalan dan menjual nasi kuning. Selama sebulan kami memantau kegiatan mereka sampai mereka bisa mandiri berjualan sampai sekarang,” kata Nurfadillah.

Ada pula yang disebut Sekolah Relawan, sebuah wadah untuk memberikan pelatihan kepada mereka yang ingin menjadi relawan, tetapi tidak mempunyai ketrampilan. Dony Aryanto dari Sekolah Relawan membuat program Warung Makan Rakyat Gratis di Depok, Jawa Barat. “Karena ada Covid, daya beli masyarakat menjadi turun. Kami sering mendapat keluhan dari teman-teman ojek online. Oleh karena itu, kami membuat warung rakyat makan gratis dan itu diperuntukkan bagi siapa saja,” ujar Dony Aryanto. “Setiap hari kami menyediakan sekitar 400 hingga 600 porsi. Kami buka 24 jam sehari. Bila mereka mau datang jam tiga pagi, makanan tetap ada”.

Contoh lain adalah Hari Satoto.  Relawan ini menamakan kegiatannya ‘Aksi untuk Indonesia’. “Aktivitas utama saya sebenarnya karyawan swasta. Di sela-sela aktivitas itu, saya membuat beberapa program berbagi kecil-kecilan,” ujarnya. Salah satu program yang dibuat adalah ‘Berbagi Sarapan Pagi’.”Setiap Senin saya membawa makanan menuju ke kantor berupa roti beberapa bungkus. Saya kemudian membagikannya kepada pemulung, penyapu jalanan” ungkap Hari Satoto.  “Ya, aksi saya ini hanya kecil-kecilan saja”.

Kita bersyukur dan turut bangga, bahwa banyak orang tergerak hati untuk menjadi relawan. Saya juga bertrimakasih, bahwa di berbagai paroki di wilayah Keuskupan kita, banyak umat yang merelakan waktu, tenaga, materi untuk membantu sesama yang menderita. Banyak saudara-saudari kita yang menderita merasakan pertolongan nyata dari para relawan. Dengan kata lain, banyak yang diselamatkan berkat kemurahan hati para relawan. Para relawan telah turut ambil bagian dalam mewujudkan karya keselamatan Allah.

Saudara-saudari sekalian, hari ini kita merayakan Paskah, hari kebangkitan Yesus Kristus yang merupakan bagian penting sekali dari karya keselamatan Allah bagi manusia dan seluruh alam semesta. Kalau kita perhatikan baik-baik, sejarah keselamatan kita juga sebenarnya dipenuhi dengan banyak relawan-relawati. Abraham merelakan anaknya untuk dipersembahkan kepada Allah. Nabi Musa menjadi relawan demi pembebasan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Demikian pula banyak nabi lain merelakan hidup mereka untuk melaksanakan perutusan dari Tuhan. Santo Yosef yang kita rayakan secara khusus tahun ini juga adalah relawan yang tulus, menjadi pelindung keluarga kudus, Maria dan Yesus sendiri.

Sesungguhnya Allah Tritunggal yang kita imani adalah Sang Relawan Agung itu sendiri. Allah kita adalah Allah yang kasih karunia-Nya besar dan melimpah (bdk. Ef 2: 4-10). Ia adalah relawan agung karena bersedia memberikan Putra-Nya sendiri. Penginjil Yohanes berkata: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan (merelakan) Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (bdk. Yoh 3: 14-21). Yesus Kristus sendiripun adalah relawan agung yang menjadi manusia, hidup bersama kita, bahkan rela memberikan nyawa-Nya sendiri bagi keselamatan kita. Sebagai relawan, Ia adalah biji gandum yang jatuh ke tanah, yang mati dan menghasilkan banyak buah (bdk. Yoh 12: 20-33).

Saudara-saudari terkasih, merayakan paskah berarti mengenangkan dengan penuh syukur (anamnesis) Yesus Sang relawan yang telah wafat dan kini bangkit mengalahkan kematian. Tetapi merayakan paskah berarti juga menyatakan kesediaan untuk menjadi relawan seperti Dia. Di tahun keluarga ini, marilah kita meneladan St. Yosef, menjadi relawan-relawan di tengah-tengah keluarga kita; melakukan pengorbanan-pengorbanan sederhana dalam hidup sehari-hari. Dengan demikian keluarga-keluarga kita akan dapat sungguh bangkit bersama Yesus Sang Relawan. Janganlah kita ragu-ragu: Hanya dengan menjadi relawan kita dapat bangkit mengalahkan dunia. Hanya dengan menjadi relawan kita akan menemukan sukacita yang sejati. Rasul Paulus berkata: “Saudara-saudara, Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Allah bahkan tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi merelakan-Nya demi kita semua. Bagaimana mungkin Ia tidak menganugerahkan segalanya bersama Anak-Nya itu kepada kita?” (Rm 8:31-32).

Slamat Paskah.

Pangkalpinang, 4 April 2021

Mgr. Adrianus Sunarko, OFM

Uskup Keuskupan Pangkalpinang

———————————————–

Seputar Liturgi, Sakramen, dan KBG

Petugas Liturgi di Gereja Katedral :

Sabtu, 17 April 2021

Pkl. 18.00 : Dirigen : Tori, lektor : Adin,  pemazmur : Yuliana Pangkey, organis : Deni, pktl : I, tatalaksana : St. Antonius Maria Zak & St. Agnes, menghias : St. Paulus Rasul.

Minggu, 18 April 2021

Pkl. 06.00 : Dirigen : Vita, lektor : Lucia Shinta, pemazmur : Fironika Kristia Ningsih, organis : Asta, pktl : N, tatalaksana : St. Antonius Padua & St. Leo Agung.

Pkl. 10.00 : Dirigen : Irma, lektor : Marsea, pemazmur : Christian, organis : Egi, pktl : J, tatalaksana : St. Carolus Boromeus & St. Yudas Tadeus.

Pkl. 17.00 : Dirigen : Harianti, lektor : Savyola, pemazmur : Lidwina Irene Lancen, organis : Kuncoro, pktl : K, tatalaksana : St. Clara, St. Monika, St. Helena, & St. Agustinus.

Saran Nyanyian : Lagu Pmbk : 335 Kyrie : 349. Gloria : 350. Mzm Tgg : 085. BPI : 955. Sanctus : 391.  Bapa Kami : 403. Agnus Dei : 412. Komuni : 528/529. Penutup : Buku St. Yosef.

Jadwal liturgi diatas disesuaikan dengan jadwal yang sudah ada. Info lengkap dapat menghubungi Tim liturgi. Latihan untuk petugas liturgi lektor & pemazmur Katedral hari Jumat pkl. 18.00 di Gereja.

Petugas PAM & Parkir di Katedral :

Pukul 18.00: Tim 6, pukul 06.00 : Tim 7, pukul 10.00 : Tim 3, & pukul 17.00 : Tim 4.

Petugas Pengukur suhu di Katedral :

Pukul 18.00: Tim 3, pukul 06.00 : Tim 4,  pukul 10.00 : Tim 5, & pukul 17.00  : Tim 6.

—————————————

Ekaristi Jumat tanggal 16 April 2021 pkl. 17.00

di Gereja Katedral :

Dirigen : Sr. Fidel, lektor : Bonaventura,

tatalaksana : St. ……., organis : Heri.

Saran Nyanyian : Lagu Pmbk : 529.

Sanctus : 391.  Komuni : 536.

Penutup :

Info Pertemuan Pengajar Sakramen

Pertemuan pengajar sakramen komuni pertama dan sakramen Krisma wilayah pusat katedral  dilaksanakan pada hari Selasa 13 April 2021 jam 18.00 di gedung Mario John Boen lantai 1

Dimohon kehadirannya.

———————————————

AGENDA UMUM TAHUN ST.YOSEF

PAROKI KATEDRAL ST.YOSEPH PANGKALPINANG 2021

  • April :
  1. Modul wajib dari Paroki
  • 1 Mei-23 Mei :
  1. Misa Pesta pelindung St.Yosef ( Hari Raya Paroki Katedral )
  2. Bulan Maria / Rosario dengan doa keutamaan

St. Yosef

  1. Penerimaan sakramen Krisma
  2. Modul / teks doa dari Paroki
  • Juni 2021:
  1. Bulan Syukur Keuskupan Pangkalpinang
  2. Persembahan bulan syukur
  3. Penerimaan Komuni Pertama
  4. Modul / teks doa dari Paroki
  • 5-17 Agustus 2021 :
  1. Misa ulang tahun berdirinya gereja Katedral
  2. Misa HUT Kemerdekaan RI
  3. Modul / teks doa dari Paroki
  • September 2021 :
  1. Modul Bulan Kitab Suci
  2. Kursus Persiapan Perkawinan
  • Oktober 2021:
  1. Modul / teks doa dari Paroki
  • 2 November :
  1. Misa Arwah
  2. Modul / teks doa dari Paroki
  • 25-26 Desember :
  1. Natal
  2. Modul Advent
  3. Penutupan Tahun St. Yosef

——————————————————————

ANEKA INFORMASI

KALENDER LITURGI MINGGU INI

APRIL 2021

 11 : Hari  Minggu Paskah II, Minggu Kerahiman Ilahi (P). Bac. Kis.4:32-35; 1Yoh.5:1-6; Yoh.20:19-31.

12 : Pfak St.Yulius I,Paus (P). Bac. Kis.4:23-31; Yoh.3:1-8.

13 : Pfak St.Martinus I, Paus (P). Bac. Kis.4:32-37; Yoh.3:7-15.

14 : Pfak St.Martinus I, Paus(P). Bac. Kis.5:17-26; Yoh.3:16-21.

15 : Pfak B.Pedro Gonzalez (P). Bac. Kis.5:27-33; Yoh.3:31-36.

16 : Pfak Sta.Bernadetta Soubirous (P). Bac. Kis.5:34-42; Yoh.6:1-15.

17 : Pfak St. Anisetus; Sta.Klara Gambacorta (P). Bac. Kis.6:1-7; Yoh.6:16-21.

18 : Hari Minggu Paskah III (P). Bac. Kis.3:13-15.17-19; 1Yoh.2:1-5a; Luk.24:35-48.

——————————–

Shallooom saudara saudari umat Katedral St.Yosef Pangkalpinang yang terkasih

Sehubungan dengan keadaan yang sedang dialami oleh saudara/i kita di NTT, dengan semangat Paskah yang baru saja kita lalui sebagai umat Paroki Katedral St.Yosef mari kita berbagi kasih untuk mereka. Kasih (sebagai KBG maupun pribadi) bisa melalui Rek PSE BCA 8535114010 (Merlisa & Ely). Untuk transfer nanti mohon kasih kode pada nominal transfer angka belakang dari 0 menjadi 7. Contoh jika transfer Rp100’000 maka menjadi Rp100’007.

————————————

Paroki mencetak buku “Santo Yosef Pelindung Kita” yang berisi kumpulan lagu dan doa devosi kepada St. Yosef. Lagu dan doa digunakan dalam misa sepanjang tahun 2021 ini. Umat dapat memperoleh buku tersebut melalui KBG masing-masing atau di sekretariat paroki dengan mengganti ongkos cetak.

————————————-

Bagi yang belum mengambil foto Krima dan komuni tahun lalu bisa diambil di sekretariat paroki.

——————————————–

Modul Pendalaman Iman Keluarga  “Santo Yosep Bapa Yang Punya Keberanian Kreatif”

Bulan April dalam bentuk file dan fotocopy tersedia di sekretariat paroki, pengurus kbg atau umat bisa mengambil pada jam kerja. Modul tersebut agar digunakan dalam doa di keluarga masing-masing.

————————————————

Ketua/pengurus kbg agar segera menginformasikan dan mendata umat di kbgnya masing-masing yang akan belajar persiapan sakramen Krisma, formulir dapat diambil di sekretariat paroki pada jam kerja dan dikumpulkan terakhir pada tanggal 15 April 2021.

———————————————-

Pastor Paroki dan Dewan Pastoral Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang

‘Mengucapkan Terimakasih’ Kepada

  1. Panitia Paskah di Pusat Katedral dan di Wilayah Stasi Baturusa, Mesulaut, Kampung jeruk dan Pangkul
  2. Petugas Liturgi
  3. Petugas Tata laksana
  4. Petugas Koor
  5. Tim gugus
  6. Tim kesehatan
  7. Tim PAM
  8. Semua yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan Hari-hari Suci, MINGGU PALMA, Hari-hari PEKAN SUCI hingga PASKAH

——————————————-

DUKUNGAN UNTUK SEMINARI

Sumbangan bisa langsung ditransfer atas nama SEMINARI MENENGAH MARIO JOHN BOEN ke Rek (BANK Mandiri): 169-00-0046141-5, dan mohon dikonfirmasi ke RD Stanislaus Bani 081368442005

—————————————————–

Tim Pengembangan Sosial Ekonomi

Sumbangan untuk umat yang sangat membutuhkan, dapat dikirim ke Rekening Tim Pengembangan Sosial Ekonomi Paroki Katedral No. 8535114010, Bank BCA, a/n Merlisa & Ely Merlisa : 081278801460; Ely : 081239417335.Terima kasih. (*)

Pastor Paroki :
RD L. Yustinianus Ta’laleng
RD Yosef Setiawan

Sekretaris Paroki :
Mikael Bekti Setyanto

Bendahara Paroki :
Maria Mayarini
Lucilla Susanti

 


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •