Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Renungan Edisi Hari Kamis Pekan XVI Tahun B/I Tanggal 22 Juli 2021
Bacaan : Kidung Agung 3 : 1-4a atau 2Korintus 5 : 14-17. Mazmur 63 : 2. 3-4. 5-6. 8-9. Yohanes 20 : 1. 11-18

Saudara/i yang terkasih di dalam Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita : Salam Komunio!
Ketika memasuki Hari Pertama Pekan XVI Tahun B/I (HMB 18 Juli 2021), Firman Tuhan menghadirkan kepada kita, bahwa Allah sembahan kita adalah Allah yang selalu peduli dan berbelas-kasih kepada umat-Nya. Bahkan di dalam situasi di mana para gembala yang diutus-Nya tidak peduli dan mrembiarkan umat-Nya hilang dan terserak (Yeremian 23 : 1), kepedulian dan belas-kasih Allah terhadap umat-Nya tidak pernah berhenti. Melawan para gembala yang tidak setia itu, Allah menghadirkan putera-Nya sendiri, yang datang dengan kepedulian dan belas-kasih kepada umat yang bernasib seperti domba yang tidak bergembala tersebut (Markus 6 : 34). Kepedulian dan belas-kasih Allah kepada umat-Nya ini, menjadi point pewartaan yang berulang sepanjang pekan ini. Sejumlah tindakan yang mengungkapkan wujud kepedulian dan belas-kasih Allah kembali dibukakan kepada kita melalui Firman-Nya pada hari kelima Pekan XVI Tahun B/I ini!

I. Mencari dan Menemukan yang Terhilang
Melalui Kidung Agung, kepedulian dan belas-kasih Allah kepada umat-Nya muncul ketika Allah menyapa umat-Nya dengan panggilan yang penuh belas-kasih, yakni “jantung hati-Ku”, (Kidung Agung 3 : 1). Dan ketika jantung hati-Nya ini lepas dari relasi dengan diri-Nya, Allah mengambil keputusan untuk mencari hingga menemukan umat yang dijadikan sebagai jantung hati-Nya tersebut (Kidung Agung 3 : 2-4).

Kepedulian dan kasih Allah terhadap umat-Nya itu, yang gagal dihadirkan oleh para gembala di zaman Yeremia (Yeremia 23 : 1), dihadirkan secara luar biasa oleh Rasul Santo Paulus dalam tugas perutusannya kepada Jemaat di Korintus. Paulus menyapa jemaat di Korintus yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat itu, sebagai “ciptaan baru” yang harus diberlakukan bukan menurut ukuran manusia melainkan dengan ukuran Kristus, (2Kor 5 : 16-17). Rasul Paulus mampu menghadirkan kepedulian dan belas-kasih Allah kepada umat-Nya, karena dirinya sendiri “telah dikuasai oleh kasih Kristus, (2Kor 5 : 14). Sementara para gembala pada zaman Yeremia gagal menghadirkan belas-kasih dan kepedulian Allah, karena mereka sendiri tidak berada dalam kasih Allah, dan sebagai akibatnya kehadiran mereka sebagai gembala, tidak membawa manfaat apapun bagi Umat Allah yang dipercayakan kepada mereka (Yeremia 23 : 2).

II. Maria Magdalena : Hilang dan Ditemukan Kembali!
Kisah tentang kepedulian dan belas-kasih Allah ini juga muncul kembali dalam Injil, dengan setting-place pada Hari Minggu Paskah pagi dan tema tentang kebangkitan Yesus.Sebelum wafat-Nya, Yesus sudah beberapa kali mengingatkan para murid-Nya bahwa Dia akan bangkit pada hari ketiga, (Luk 9 : 22-27; 9 : 43b-45; 18 : 31-34). Sekalipun demikian, pada Hari Minggu pagi itu, Maria Magdalena datang ke makam Yesus seperti orang yang belum pernah mendengar warta tentang kebangkitan. Kematian Yesus begitu menguasai dirinya, hingga ia tidak ingat akan warta itu. Maria Magdalena tenggelam dalam kesedihan. Warta tentang kebangkitan yang disampaikan Yesus kepada para murid sebelumnya, seperti “hilang” dari perbendaharaan hidup Maria Magdalena dan para murid. Sapaan Yesus, yang memanggil Maria Magdalena dengan namanya, mengembalikan ingatannya akan warta tentang kebangkitan itu. Di hadapannya sekarang berdiri Dia yang telah mengalahkan maut dengan kebangkitan-Nya. Sapaan Yesus mengembalikan iman Maria Magdalena dan memulihkan kembali semangat hidupnya. Demikian, hadir dan menyapa orang-orang, ketika mereka berada dalam situasi hidup yang sulit, merupakan salah satu dari sekian wujud ungkapan kasih dan kepedulian seorang Gembala kepada jemaat-Nya.  Semoga kepedulian dan belas-kasih Tuhan kita Yesus Kristus ini boleh kita alami dari para gembala atau para imam kita. Amin. (*)

Renungan oleh:
RM Marcel Gabriel


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •